Sabtu, 14 Maret 2020

Java 3 - Praktikum Perulangan - FOR

Perulangan FOR

Untuk saat ini kita akan mencoba mensimulasikan kedalam sebuah program sederhana terkait dengan penggunaan Fungsi Perulangan FOR yang akan diterapkan dalam menemtukan bilangan Ganjil, Genap dan bilangan Prima.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda desain dan rancang User Interface gambar dibawah ini :

Gambar 1.0 Rancangan User Interface dengan Fungsi - For

Berikutnya kita akan masuk kedalam penginputan koding agar program diatas dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. 

Langkah pertama silahkan anda ketik koding "import javax.swing.DefaultListModel;" tepat dibawah Package  untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini : 

Gambar 2.0 Koding untuk lib dalam mendukung penggunaan Jlist

Langkah berikutnya ketik koding berikut dihalaman paling bawah sebelum kurung kurawal akhir, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :

Gambar 3.0 Koding Default yang berguna untuk mendeskripsikan mdl 

Setelah anda selesai mendeskripsikan fungsi Lib dan Default yang ada pada gambar 1 dan gambar 2 berikutnya anda harus mengetikkan koding pada masing-masing tombol, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini :

Untuk jButton dengan Text Name File : Genap silahkan anda ketik koding berikut.

Gambar 4.0 Koding Untuk Tombol jButton - Genap

Untuk jButton dengan Text Name File : Ganjil silahkan anda ketik koding berikut.

Gambar 5.0 Koding Untuk Tombol jButton - Ganjil

Untuk jButton dengan Text Name File : Prima silahkan anda ketik koding berikut.

Gambar 6.0 Koding Untuk Tombol jButton - Prima

Selamat Mencoba, dan sampai jumpa pada postingan berikutnya ..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar