Sabtu, 14 Maret 2020

Java 4 - Praktikum Percabangan IF

Percabangan atau branching merupakan sebuah blok program yang menyatakan bahwa sebuah aksi akan dijalankan jika kondisi sebuah percabangan terpenuhi.

Untuk contoh penerapan dari logika if ini dapat dilihat pada beberapa program dibawah ini :

If dengan satu kondisi
Rancanglah user interface seperti yang ada pada gambar dibawah ini :

Gambar 1.0 Rancangan User Interface Penggunaan IF dengan Program Kontrol pada Tombol 

Langkah berikutnya adalah double click pada jButton dengan Text name file : Click If kemudian ketikkan koding yang ada dibawah ini,

Gambar 2.0 Koding  untuk percabangan dengan menggunakan fungsi -  IF

=====================================================================

Berikutnya saya akan menjelaskan sedikit ketika kita tidak menggunakan Tombol melainkan kita menggunakan Caret Update untuk memunculkan nilai secara otomatis dari program yang dirancang. untuk lebih jelasnya lihat tahapan pembuatan program dibawah ini, 

Langkah awal, rancanglah kembali user interface seperti yang ada pada gambar dibawah ini : 

Gambar 3.0 Rancangan User Interface Penggunaan IF tanpa menggunakan Tombol

Setelah anda selesai medesain dan merancang user interface seperti yang ada pada gambar 3.0 diatas berikutnya anda akan saya arahkan ketempat pengisian koding. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini. 


Gambar 4.0 Tempat Pengisian Koding dari User Interface yang dirancang

Langkah berikutnya silahkan anda ketik koding berikut pada halaman caretUpdate agar program bisa berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk lebihjelasnya ketik koding dibawah ini pada halaman caretUpdate

Gambar 5.0 Koding Percabangan dengan menggunakan fungsi - IF

=====================================================================

Dari dua contoh yang ada diatas program yang dirancang masih menggunakan jTextfield sebagai mediataor pemanggilan kondisi, namun untuk contoh ketiga ini saya akan menjelaskan dengan menggunakan fungsi jCombobox. Untuk lebih jelasnya ikuti pembahasan dibawah ini :

Rancanglah kembali User Interface seperti yang ada pada gambar dibawah ini :

Gambar 6.0 Rancangan User Interface untuk Program dengan fungsi IF yang di Implementasikan pada jComboBox

Setelah anda selesai merancang dan mendesain berikutnya kita akan isi terlebih dahulu jComboBox1 dengan angka 1 - 4. untuk mengisi angka tersebut silahkan Click jComboBox1 kemudian lihat pada jendela Propoertis dan pilih menu Model kemudian silahkan anda isi angka 1-4 untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat pada gambar dibawah ini :

Gambar 7.0 Panduan pengisian jComboBox1 pada jendela Propertis - Model

Setelah selesai baru kita mengisi koding, untuk koding dengan fungsi IF ini akan kita isi pada jendela actionPerformed. untuk lebih jelasnya lihatlah gambar dibawah ini :

Gambar 8.0 Jendela Action - ActionPerformed

Setelah anda masuk kedalam jendela actionPerformed, berikutnya silahkan ketik koding dibawah ini,

Gambar 9.0 Koding dengan Fungsi IF


Selamat mencoba dan sampai jumpa di potingan berikutnya ........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar